Sabtu, 28 Maret 2009

MUSEUM KARTINI

Museum R A Kartini berada dilingkungan rumah dinas Bupati Rembang (Jl Gatot Subroto 8 Rembang) - dialun-alun kota Jepara.
Merupakan bangunan asli yang dulu dihuni R.A. Kartini beserta suaminya Djojodiningrat, Bupati Rembang (1889-1912). Sampai sekarang bangunan tersebut masih dipergunakan sebagai rumah dinas Bupati Rembang.
Museum R.A Kartini menempati salah satu kamar yang dulu di tempati R.A Kartini untuk melakukan aktivitas, menulis buah pikiran dan ide-ide beliau, juga sebagai tempat beliau melahirkan putera satu-satunya yang bernama R.M. Susalit, dan sebagai kamar pribadi sampai beliau wafat.

Disini pengunjung dapat melihat beberapa perabot yang dulu dipergunakan R.A Kartini; seperti bak mandi, bothekan tempat jamu, kotak jahitan, meja makan, meja merawat bayi, lukisan karya R.A Kartini berupa tiga ekor angsa, naskah tulisan tangan, sepasang rono penyekat ruangan dari kayu berukir hadiah dari ayahandanya, foto-foto kenangan semasa hidupnya di sekitar museum, disebelah timur gapura komplek Rumah Dinas Bupati, masih berdiri dengan kokoh, bangunan kuno yang dahulu digunakan R.A Kartini untuk mengajar anak-anak bumi putera.

Musium ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan R.A.Kartini yang kita kenal selama ini sebagai pahlawan nasional karena dia merupakan tokoh emansipasi Indonesia yang berjuang mengangkat harkat dan martabat kaum wanita.

Benda-benda peninggalan RA.Kartini yang ada dimusium ini adalah foto-foto RA.Kartini dan keluarganya, surat-surat, perabotan rumahtangga, peralatan dapur,dll.
Musium ini merupakan wisata sejarah yang sangat cocok untuk dikunjungi para pelajar dan mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya agar mereka lebih mengetahui dan mengenal RA.Kartini.

Disamping itu terdapat pula barang-barang penemuan pada masa kerajaan Hindu dan Islam yang tertata rapi dalam ruang Jepara Kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar